Beranda | Artikel
Umat Islam Merupakan Umat Terbaik
Sabtu, 24 Juli 2021

Bersama Pemateri :
Ustadz Yazid Abdul Qadir Jawas

Umat Islam Merupakan Umat Terbaik adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Syarah Aqidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Yazid bin ‘Abdul Qadir Jawas pada Sabtu, 08 Dzulqa’dah 1442 H / 19 Juni 2021 M.

Ceramah Agama Islam Tentang Umat Islam Merupakan Umat Terbaik

Pada kajian kali ini dibahas tentang baiknya umat Islam dari kitab Wasathiyyah Ahlus Sunnah bainal Firaq (Arab: وسطية أهل السنة بين الفرق). Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

كُنْتُمْ خَيْرَ اُمَّةٍ اُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُوْنَ بِالْمَعْرُوْفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُوْنَ بِاللّٰهِ

Kalian adalah sebaik-baik umat yang ditampilkan di tengah-tengah manusia; menyuruh yang ma’ruf, mencegah yang munkar dan beriman kepada Allah…” (Ali-Imran[3]: 110)

Dan Allah juga berfirman:

وَكَذَٰلِكَ جَعَلْنَاكُمْ أُمَّةً وَسَطًا لِّتَكُونُوا شُهَدَاءَ عَلَى النَّاسِ وَيَكُونَ الرَّسُولُ عَلَيْكُمْ شَهِيدًا

Demikianlah Kami jadikan kalian umat yang pertengahan agar kalian menjadi saksi atas manusia dan Rasul menjadi saksi atas kalian.” (Al-Baqarah[2]: 143)

Umat Islam merupakan umat yang terbaik di antara umat-umat yang lainnya dengan dasar nash Al-Qur’an. Di surah Al-Baqarah di ayat 143 disebutkan tentang umat Islam, tetapi lebih khusus lagi tentang para sahabat Radhiyallahu ‘Anhum Ajma’in. Para sahabat merupakan orang yang terbaik dari semua manusia. Makanya para sahabat dikatakan oleh para ulama:

الصحابة كلهم عدول

“Para sahabat semuanya adalah orang-orang yang adil.”

Adapun ayat dalam surah Ali Imran ayat 110, sebagian Mufassirin menyebutkan ayat ini memang pada asalnya untuk para sahabat, tapi juga untuk umumnya umat Islam, bahwa umat Islam adalah umat yang terbaik di antara umat-umat yang lainnya. Ketika menjelaskan ayat ini, Al-Hafidz Ibnu Katsir mengatakan bahwa yang shahih tentang ayat ini adalah bahwa pada setiap generasi ada yang terbaik. Sedangkan yang terbaik dari generasi ini adalah yang diutus padanya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, yaitu para sahabat Radhiyallahu ‘Anhum Ajma’in.

Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda di depan para sahabat ketika menafsirkan Ali Imran ayat 110:

إِنَّكُمْ تَتِمُّونَ سَبْعِينَ أُمَّةً أَنْتُمْ خَيْرُهَا وَأَكْرَمُهَا عَلَى اللَّهِ

“Sesungguhnya kalian menyempurnakan 70 umat, yang terbaik adalah kalian dan paling mulia di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, Hakim, hadits hasan)

Dalam riwayat Ibnu Majah juga disebutkan:

نُكْمِلُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ سَبْعِينَ أُمَّةً نَحْنُ آخِرُهَا وَخَيْرُهَا

“Kalian menyempurnakan 70 umat di hari kiamat, kita adalah yang paling akhir dan paling baik.” (HR. Ibnu Majah)

Juga Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam ketika menyebutkan keutamaannya atas Nabi-Nabi yang lainnya, Nabi bersabda:

أُعْطِيتُ مَا لَمْ يُعْطَ أَحَدٌ مِنْ الْأَنْبِيَاءِ فَقُلْنَا يَا رَسُولَ اللَّهِ مَا هُوَ قَالَ نُصِرْتُ بِالرُّعْبِ وَأُعْطِيتُ مَفَاتِيحَ الْأَرْضِ وَسُمِّيتُ أَحْمَدَ وَجُعِلَ التُّرَابُ لِي طَهُورًا وَجُعِلَتْ أُمَّتِي خَيْرَ الْأُمَمِ

“‘Aku diberikan yang tidak diberikan kepada seorang pun dari Nabi-Nabi sebelumku.’ Para sahabat bertanya: ‘Apa itu Ya Rasulullah?’ Rasulullah menjawab: ‘(1) Aku diberikan pertolongan dengan takutnya musuh sejauh perjalanan satu bulan, (2) Aku diberikan oleh Allah kunci-kunci bumi, (3) Aku dinamakan dengan Ahmad, (4) Allah menjadikan tanah ini sebagai pensuci (tayamum), (5) Dijadikan umatku adalah sebaik-baik umat.`” (HR. Ahmad, shahih)

Nash menyebutkan bahwa umat Islam merupakan umat yang terbaik.

Perkara-Perkara Tentang Baiknya Umat Ini

Menit ke-14:31 Sebab yang menjadikan umat Islam adalah umat yang terbaik:

  1. Keimanan kepada Allah ‘Azza wa Jalla,
  2. Memerintahkan yang ma’ruf dan mencegah yang munkar,
  3. Paling bermanfaat bagi manusia,
  4. Terbanyak dalam memenuhi panggilan para Nabi,
  5. Tidak akan berkumpul diatas kesesatan,
  6. Kitab yang diturunkan oleh Allah merupakan kitab terbaik,
  7. Nabinya merupakan Nabi terbaik,
  8. Didahulukannya umat Islam atas umat-umat yang lain ketika di Padang Mahsyar, hisab, dan didahulukan untuk masuk surga padahal umat Islam adalah umat terakhir,
  9. Paling banyak masuk surga.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download Mp3 Kajian Tentang Umat Islam Merupakan Umat Terbaik


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/50412-umat-islam-merupakan-umat-terbaik/